cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
STRATEGIC
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2021): Strategic" : 10 Documents clear
Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening fransiska susanti
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.41038

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan growth opportunity dengan struktur modal sebagai variabel intervening terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang terdapat di BEI periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif berupa laporan keuangan annual report yang disajikan secara tahunan. Analsis statistik yang digunakan yaitu regresi linear serta Path Analysis ( Analisis Jalur ) digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel intervening. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Profitabilitas memberi pengaruh signifikan terhadap struktur modal 2) Growth opportunity berpengaruh positif terhadap struktur modal; 3) Struktur modal memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan; 4) Profitabilitas memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan; 5) growth opportunity memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan: 6) Struktur modal mampu memediasi profitabilitas terhadap nilai perusahaan; 7) Growth opportunity mampu memediasi profitabilitas terhadap nilai perusahaan.Kata kunci : Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal, Nilai Perusahaan
Gambaran E-learning Menggunakan Google Claassroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Survey Pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK 45 Lembang) B Lena Nuryanti; Dian Herdiana Utama; Indra Indra
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.37686

Abstract

This study aims to find out how big the effect of e-learning based on google classroom on students' interest in entrepreneurship subjects. The object of this research are the students of class XI in marketing majoring at SMK 45 Lembang who are conducting E-learning on entrepreneurship subjects. Based on the variables studied, this type of research is descriptive and verification research. Based on the type of descriptive and verification research carried out through data collection in the field, the method used in this research is explanatory survey. Based on the results of the study, it shows that there are three effects of e-learning sub-variables that have a high enough value, namely creativity, tools and technique, and contact with the learner. This means that education must direct that creativity, tools and techniques, and contact with the learner can increase students' interest in learning entrepreneurship.Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui seberapa besar gambaran pengaruh e-learning berbasis google classroom terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Objek yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas XI jurusan pemasaran SMK 45  Lembang sebanyak 130 responden yang sedang melakukan pembelajaram E-learning pada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan variabel-variabel yang diteliti maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Berdasarkan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory survey. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pengaruh dari dimensi e-learning yang memiliki nilai cukup tinggi yaitu creativity, tools and technique, dan contact with the learner . Hal ini berarti pendidikan harus mengarahkan bahwa creativity, tools and technique, dan contact with the learner  dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran kewirausahaan.
Pengaruh Internet Banking dan Mobile Banking Terhadap Kinerja Keuangan Bank Mayasari Mayasari; Yusuf Murtadlo Hidayat; Gita Esa Hafitri
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.36871

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of intenet banking and mobile banking on the financial performance of banks from 2014 to 2019. Based on purposive sampling, a sample of four banking sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) with descriptive and verification analysis was then carried out with multiple regression. The result of this study indicate that there is significant effect between the number of internet banking transaction and the number of mobile banking transaction on the bank’s ROA. The number of internet banking transaction can affect a bank’s ROA decline, while the number of mobile banking transaction has an effect on increasing the bank’s ROA.Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet banking dan mobile banking terhadap kinerja keuangan bank dari periode 2014 sampai 2019. Berdasarkan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak empat perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan analisis deskriptif dan verifikatif kemudian dilakukan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara jumlah transaksi internet banking dan jumlah transaksi mobile banking terhadap nilai ROA bank. Jumlah transaksi internet banking dapat berpengaruh terhadap penurunan nilai ROA bank, sedangkan jumlah transaksi mobile banking berpengaruh terhadap peningkatan nilai ROA bank.
PENGARUH FAKTOR RISK FRAUD TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING (BERDASARKAN FRAUD DIAMOND THEORY) Muhamad Ibnu Mubarok; Gusganda Suria Manda
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.31567

Abstract

Dalam perkembangan zaman tindakan kecurangan dalam pelaporan keuangan semakin meningkat yang berakibat kepada investor yang mana tidak percaya kepada manajemen perusahaan dan kestabilan perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori fraud Diaomond yang mana  financial stability, financial targets, ineffective monitoring, nature of industry, auditor switching dan Change in CEO sebagai variabel independen dan fraudulent financial reporting sebagai variabel dependen di perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, maka didapatkan 25 perusahaan dengan jumlah 3 periode maka total data sebanyak 75 sampel. Data diamati menggunakan teknik regresi logistik. Hasil dari penelitian ini ialah unsur tekanan yaitu financial stability dan financial target tidak berpengaruh pada fraudulent financial reporting. Unsur peluang yaitu ineffective monitoring tidak berpengaruh pada fraudulent financial reporting dan nature of industry berpengaruh positif pada fraudulent financial reporting. Unsur rasionalisasi yaitu auditor switching tidak berpengaruh pada fraudulent financial reporting. Unsur kemampuan yaitu Change in CEO tidak berpengaruh pada fraudulent financial reporting.
Pengaruh Sosioemosi dan Perkembangan Moral Terhadap Hasil Belajar Manajemen Informatika Mahasiswa AMIK Lamappapolonro Soppeng Zul Fadli
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.30475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sosioemosi, perkembangan moral, dan hasil belajar mahasiswa managemen informatika Amik Lamappapoleonro. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa managemen informatika tahun ajaran 2019/2020 yang diambil dengan menggunakan Proporsional stratified random sampling. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path anlysis).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar mahasiswa managemen informatika Amik Lamappapoleonro memiliki: konsep diri dengan kategori sedang, harga diri dengan kategori tinggi, moral dengan kategori tinggi, hasil belajar kognitif berada dalam kategori rendah, dan afektif  berada dalam kategori tinggi, (2) Moral mahasiswa managemen informatika berada pada kategori sangat tinggi, (3) Hasil belajar kognitif mahasiswa managemen informatika berada pada kategori sedang.
RESEARCH COMPETITIVE MARKETING STRATEGY OF HUAWEI MOBILE PHONE Zhixin Li; Ratih Hurriyati; Puspo Dewi Dirgantari
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.31701

Abstract

In an era of rapid growth in user demand for smartphones, there are many well-known mobile phone brands, such as Apple, Huawei, Samsung, Xiaomi, OPPO and VIVO in the smartphone market. Competition in the mobile phone market is fierce. In addition, In recent years, Huawei has been subject to technical blockades and trade restrictions from Western countries such as the United States. The situation of Huawei mobile phone is extremely difficult, but Huawei still achieved sales revenue of RMB 454 billion in the first half of 2020, a year-on-year increase of 13.1%, and a net profit margin of 9.2%. The reason why Huawei mobile phones can achieve such impressive sales results is largely due to Huawei's unique marketing strategy. This article uses the SWOT analysis method to specifically analyze the strength, weakness, opportunities and threat faced by Huawei's mobile phone business marketing, and uses the 4P principles of product, price, channel, and promotion to analyze its current development stage, and then use the theory of Michael Porter’s generic competitive strategies analyses and chooses the competition strategy, and then draw conclusions from Huawei’s experience and problems, and provide suggestion for the development of Huawei and other companies
Pelatihan Berbasis Teknologi terhadap Intensi Berwirausaha Hari Mulyadi; Sulastri Sulastri; Nadila Dewi Kusnindar
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.33554

Abstract

This research aims to find out the description technology based training and entrepreneurial intention. The design of this study is cross sectional using an explanatory approach to surveys. The unit of analysis was 104 students of the class XII IOP (Instrumentation and Process Automation) at SMK Negeri 1 Cimahi. This research uses quantitative methods. With the data analysis technique used is a path analysis with SPSS computer software version 25.0. The results of the study can be known that 1) the description technolog-based training is in a effective category 2) the description of entrepreneurial intention is in a very high category, 3) the description of technology-based training has an influence of 45,2% on entrepreneurial intention. From the results of hypothetical testing research, it can be known that technology-based training have a significant effect on entrepreneurial intention.
Analisis Strategi dan Model Bisnis Start-Up untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis Start-Up di Tasikmalaya Adam Hermawan
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.30191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan strategi dan model bisnis perusahaan start-up berdasarkan hasil analisis dari dua perusahaan start-up asal Kota Tasikmalaya yaitu Indikos dan KlikQuick. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rangkaian penelitian: melakukan wawancara dengan pemilik Indikos dan KlikQuick, melakukan pengumpulan data, kemudian menganalisis data. Hasil analisis data tersebut menghasilkan sebuah strategi dan model bisnis yang dapat diaplikasikan oleh pelaku start-up lain di Kota Tasikmalaya. Pendekatan model bisnis yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) agar dapat memberikan gambaran mengenai kondisi perusahaan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan BMC sebagai pendekatan model bisnis berdasarkan dua start-up yang diteliti memberikan gambaran mengenai model bisnis yang sebenarnya di jalankan oleh perusahaan, sehingga peneliti mengusulkan strategi dan model bisnis yang rasional untuk digunakan oleh start-up yang berada di Kota Tasikmalaya.
PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY PADA INDUSTRI MARKETPLACE INDONESIA Lili Adi Wibowo; Puspo Dewi Dirgantari; Lunia Nur Larasati
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.33562

Abstract

The purpose of this research is to find out the influence of e-service quality on e-loyalty in millennial women followers of Instagram Shopee, Tokopedia, and Bukalapak. A total of 200 respondents were using probability sampling. A questionnaire was used a research instrument to collect data from respondents. The analisis technique used is a verification technique using of structure equation model (SEM). The research shows that e-service quality has an influence on e-loyalty.
ANALISIS PERAN ONLINE BRAND COMMUNITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM BEAUTY PLATFORM DI INDONESIA Tasya Kamila Wasita; Lili Adi Wibowo; lisnawati Lisnawati
Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis Vol 21, No 1 (2021): Strategic
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/strategic.v21i1.36315

Abstract

The startup industry in Indonesia is growing, especially on platform that provide product information in the beauty sector. The number of customers who like beauty products, especially female customers at this time, has led to the emergence of several companies that create a beauty platform that provides information, reviews, and testimonials on various beauty products. Several Indonesian startup have succeeded in carrying out the strategy survive, demonstrate competitive advantage, and achieve customer engagement from consumers, but some have received little attention from the public, even had to go out of business because they couldn't compete with startup activists other. This study aims to determine the effect of online brand community and brand experience on customer engagement. The type of research used is descriptive verification, namely by describing and explaining the variables studied and then drawing conclusions. The dependent variables in this study are customer engagement (Y), online brand community (X1) and brand experience (X2) as independent variables. The population in this study are followers of the Instagram Female Daily Network, Beautynesia.id, and Story.id accounts. Sampling in this study used a simple random sampling method (random sampling) using a probability sampling technique of 200 account users. The analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) analysis with IBM SPSS AMOS version 26.0 for Windows program tools. The findings of this study indicate that the description of online brand community and brand experience on customer engagement is in the good category. Online brand community and brand experience have a positive and significant influence on customer engagement.

Page 1 of 1 | Total Record : 10